Harga Jeep Wrangler 2012 dan Review Specs

Posted by A'eddo Suseno Selasa, 20 Maret 2012 0 komentar
Harga Jeep Wrangler 2012 dan Review SpecsKemampuan tanpa batas. Sebuah kalimat yang pantas diberikan pada line-up Jeep Wrangler 2012. Ia tak hanya mampu melibas trek datar maupun medan berat, Wrangler kini sudah dibekali kekuatan mekanis baru, mesin dan transmisi, menjadikannya lebih berdaya dan mampu berhemat melahap tetes demi tetes bahan bakar.

Jeep Wrangler 2012, Eksplorasi Tanpa Batas 
Satu lagi embel-embel yang juga paling pas untuk menggambarkan Jeep Wrangler, eksplorasi tanpa batas!
Ia melenggang dengan peningkatan daya 41 persen lebih baik, yang sejalan dengan trend irit BBM. Tenaga boleh terdongkrak, tapi catatan terbaru menunjukkan Wrangler 2012 diklaim sanggup berefisiensi BBM hingga 10 persen lebih baik dibandingkan seniornya.
Secara visual tidak perlu dibantah, inilah kendaraan 4x4 yang melegenda puluhan tahun, dengan ciri khas terus terpatri hingga sekarang: macho, tangguh, dan agresif. Wrangler bisa tampil lebih manis dan dinamis, berkat dukungan pilihan aksesori dan parts ala Mopar.
Seperti testimoni PT Garansindo Inter Global (GIG) di saat peluncurannya beberapa waktu lalu, ada dua kapasitas mesin yang dibenamkan pada varian Wrangler yang berbeda. Bermodalkan mesin Pentastar 3.6-liter V6 VVT-i bensin dan 2.8-liter CRD (Common Rail Diesel), yang dikawinkan dengan transmisi baru 5-percepatan otomatis, menjadikan naluri berpetualang pengendaranya lebih berkesan. Dengan penyempurnaan transmisi baru, penyaluran output mesin ke roda makin responsif berkat struktur gear yang dirancangbangun ulang.
Mesin 3.61 V6 Pentastar berbahan aluminium ringan menjawab tantangan akan kebutuhan mobil yang bertenaga namun irit. Kali ini, tenaga yang dihasilkan mesin menjadi 285 hp, naik dari sebelumnya 205 hp dan torsi 260 lb-ft. Sebuah komposisi yang lebih dari cukup untuk menaklukkan sebagian medan.
Sementara versi 2.8L CRD memiliki daya 200 hp dan torsi 460 Nm dari mesin berkode produksi 'chetaah', yang lebih responsif, powerfull, dan tentu saja khusus Indonesia, telah mengalami penyesuaian kualitas solar di tanah air. Exhaust manifold dibenahi agar menjadi kian 'hijau', serta pemakaian material berkualitas untuk meredam getaran mesin sehingga menjadi lebih senyap.
Jika kalimat di atas menyiratkan Wrangler bermodal kemampuan tanpa batas, kali ini urusan panorama, langit adalah batasnya. Pengemudi dan penumpang dapat leluasa menikmati udara dan pandangan yang lebih variatif. Jadi, bila kaca di depan terlipat, dan pintu yang dapat dilepas, itu adalah wujud kebebasan pengendaranya.
Soft top Wrangler dijahit dengan pola yang memungkinkan atap terbuka penuh, terlipat sebagian, ataupun terlipat rata. Tidak hanya itu, bagian ini memiliki bentuk layaknya kanopi, sehingga pengemudi dan penumpang dapat membuka dengan mudah. Terbuat dari kanvas tiga lapis yang mampu meredam suara jalan, menyerap kebisingan angin, dan meningkatkan kesenyapan.
Mau lebih puas? Bisa ditambahkan Freedom Top Hardtop. Atap ini tersedia dalam tiga modul terpisah, memudahkan udara segar masuk ke kabin. Tambahan aksesori freedom top carrier dari Mopar mudah dipasang pada ban serep.
Pilihan soft top sunrider tersedia untuk varian Jeep Wrangler Sport, Platinum, Sahara, dan Rubicon, Hardtop hitam buat Sport dan Rubicon, serta hardtop sewarna body khusus untuk Wrangler Sahara.
Jeep Wrangler memang terlahir untuk dijejali aksesori Mopar sesuai kebutuhan pengendaranya. Pemilik bisa menikmati pilihan aksesori bertajuk Barjenos, sehingga Wrangler kian mantap menjejak dalam menaklukkan rintangan. Aksesoris resmi dari Mopar lainnya seperti suspensi lift kits, winch bumpers, rock rails, differential guards, dan off-road light kits.
Eksterior Jeep Wrangler 2012Eksterior Jeep Wrangler 2012
Eksterior Jeep Wrangler 2012
4x4 Tangguh
Go Anywhere and do anything, bukan cuma sekadar slogan brand Jeep, namun adalah implementasi dari lima kategori bermakna artikulasi, manuver, traksi, ground clearance dan kemampuan menerjang air (warting fording), menjadikan Jeep merangsek maju apapun rintangan di depan.
Wrangler dibangun dengan desain body-on-frame yang sepenuhnya dikemas untuk kekuatan dan daya tahan. Selembar plat baja digunakan sebagai pelindung tangki bahan bakar, transfer case, dan transmisi otomatis. Sebuah rail penguat (extra-tough body-mounted rails) dipasang sebagai perlindungan tambahan, dan merupakan standar varian Wrangler Rubicon.
Gardan depan dan belakang Tru-lok, berfungsi sebagai pengunci dan penyeimbang putaran roda. Hasilnya, setiap roda mempunyai putaran yang sama, sehingga mencegah roda slip. Sebuah panel instrumen dapat diaktifkan guna mengunci bagian belakang atau kedua as roda sekaligus (standar pada Rubicon).
Wrangler juga diperkuat Front Sway Bar Disconnect. Sistem ini memungkinkan pengendara untuk memperbesar jarak main suspensi, baik saat mobil statis ataupun bergerak di 30 km/jam dalam 4WD-(4LO). Hasilnya suspensi depan 25 persen lebih lentur (standar pada Rubicon).
As roda terbuat dari besi padat, pegas spiral, track/stabilizer bar, steering damper depan, dan peredam kejut monotube, nyaman di kecepatan rendah dan stabil di kecepatan tinggi. Peranti standar ini tersedia pada model Sahara, dan performance suspension pada Rubicon.
Dengan ratio gear 4:1 low-gear, memungkinkan Jeep Wrangler mendaki medan terjal dengan kedali mantap berkat pengaturan torsi di setiap roda secara akurat, khususnya varian Rubicon. Selain itu Command-trac dalam transfer case NV241 GII, memberikan kehalusan saat perpindahan gigi sewaktu shift-on-the-fly. Teknologi ini menjadi kelengkapan standar pada varian Wrangler Sport dan Sahara.
Untuk mendukung laju di medan berat, Wrangler memiliki daya tahan dan artikulasi mumpuni, yang dihasilkan dari kombinasi poros roda solid dan rumah bantalan yang besar. Kombinasi itu mencegah as kopel memiliki sudut yang dalam sehingga tidak mudah patah. Tidak hanya itu rangkaian ini juga menambahkan ground clearance.
Setiap Wrangler diperkuat lapisan baja di bawah body. Seperti lazimnya kendaraan off road, ada kelengkapan kait penarik depan-belakang untuk membantu mobil keluar dari medan berat.
Interior
Beralih ke sektor dalam. Mobil spesialis melahap medan off road ini dilengkapi head unit yang mampu memainkan CD/MP3 Player dan radio serta menyediakan input auxiliary jack. Sistem hiburan didukung 6 speaker dengan rincian 2 tweeter dan 4 speaker 6,5-inci, dua di antaranya ditempatkan di rollbar overhead.
Sebuah sound system premium ini mengusung merk ternama, infinity untuk speaker dan subwoofer 8-inci dengan amplifier 368 watt, yang merupakan standar bagi model Sport Platinum, Sahara, dan Rubicon.
Interior Jeep Wrangler 2012Interior Jeep Wrangler 2012
Interior Jeep Wrangler 2012
Detail menawan Jeep Wrangler juga terlihat pada penempatan beberapa ornamen kabin secara detail dan halus. Ventilasi beraksen satin silver adalah salah satunya. Di lantai tersaji selembar karpet karet dirancang untuk melindungi interior Wrangler. Kotak penyimpanan tambahan di bawah lantai belakang, dirancang secara mekanis untuk tidak dapat dibuka paksa.
Interior kian berkelas berkat paduan detail krom dan balutan jok kulit mempertegas aksen kemewahan (standar bagi Sahara dan Rubicon). Terdapat tombol speed control, audio dan menu ENVIC (Electronic Vehicle Information Center), yang dioperasikan melalui ujung jari pengendara.
Sistem dalam head unit Jeep cukup bisa memanjakan pemiliknya. Peranti ini membuat pengemudi dan penumpang tetap dapat berkomunikasi, mendengarkan musik dan mengatur komposisi audio. Berkat teknologi uconnect pengendara akan tetap mudah dihubungi, terinformasikan, terhibur, dan fokus pada mengemudi dengan sistem yang mudah digunakan.
Menambah kemanjaan pengendara di kabin, sistem hiburan Wrangler mengelola semua jenis file media lewat head unit layar sentuh. Mulai dari CD, MP3, port USB, jack input tambahan, hard disk, voice command dan audio bluetooth streaming.
Berkomunikasi dengan telepon mengundang resiko konsentrasi terganggu dan bisa menyebabkan kecelakaan. Untuk lebih amannya, pengemudi dapat mengaktivasi suara, yang memungkinkan pengendara berbicara di telepon via bluetooth yang kompatibel dengan hampir semua hands-free. Sistem ini juga mampu melakukan sinkronisasi dengan buku alamat telepon hingga 1.000 entri.
Fitur canggih satunya lagi adalah Voice Command. Fitur ini akan membiarkan mata pengemudi fokus di jalan dengan tangan tetap memegang roda kemudi. Untuk memilih stasiun radio, musik, dan membuat panggilan telepon atau perintah lainnya cukup dengan suara pengemudi. Teknologi cerdas ini dirancang untuk mengenali suara Anda.
Safety
Menepis keraguan terhadap faktor keselamatan dan keamanan berkendara, Jeep Wrangler 2012 dibekali sejumlah fitur safety, meliputi kekuatan struktur body dan sasis. Kekokohan rancang bangun ini sudah ada sejak Jeep pertama kali tercipta. Fitur Heated Power Exterior Mirrors sanggup mencairkan embun di kaca spion, sehingga seburuk apapun cuaca tidak akan menghalangi pandangan Anda.
Electronic Stability Control (ESC) membantu pengemudi mengendalikan mobil. Rangkaian fitur Brake Assist hidrolik, Traction Conrol, Electronic Roll Mitigation (ERM), mencegah mobil terguling, dan Trailer Sway Control (TSC)-fitur membantu mobil tetap aman saat menarik trailer. Dalam situasi darurat, otomatis ESC akan mengaktifkan rem atau mengurangi torsi mesin.
Sementara itu, ERM memperkirakan potensi roda mengangkat, lalu mengurangi daya mesin dan menerapkan rem jika diperlukan. TSC yang dikemas dengan grup Trailer Tow, mendeteksi jika mobil mengalami body-roll saat menarik trailer, lalu melibatkan rem untuk memperlambat mobil atau meningkatkan kekuatan rem pada satu sisi mobil. ESC memiliki tiga mode, yakni Full-On, Parsial-On dan Full Off yang sangat ideal untuk menerjang medan off-road.
Peranti canggih lainnya adalah kantung udara Advanced Multistage Front. Multistage memungkinkan airbag meletus secara bertahap, sehingga mengurangi cedera akibat kontak langsung terhadap penumpang. Sepasang airbag tambahan tertanam di kursi depan (standar pada varian Sport Platinum, Sahara, dan Rubicon), mengurangi cedera terhadap penumpang saat terjadi benturan samping. Airbag ini memiliki sensor terpisah sehingga dapat bekerja lebih akurat.
Ada pula chip yang tertanam di anak kunci. Terdapat kode kunci yang unik dan hanya cocok untuk mobil Anda, tidak bisa dipindahkan ke unit lain.
Untuk menapak tanjakan, Hill Start Assist (HAS) dan Hill Descent Control (HDC) bekerja untuk mencegah Jeep Wrangler tergulir ketika berada di jalan terjal. Mobil akan statis selama dua detik setelah kaki pengemudi diangkat dari pedal rem dan berpindah ke pedal gas. HDC bekerja untuk mencegah Jeep Wrangler bergulir di turunan.
Berikutnya ada pipa baja tertanam di pilar-B hingga ke lantai, meningkatkan kinerja side-impact dan kekuatan mobil. Sementara tanki bensin terletak diantara sumbu roda depan dan belakang. Diposisikan agar memberikan keseimbangan terhadap mobil. Terdapat sebuah pelat setebal 2.5mm sebagai pelindung keamanan saat ber-off-road ria.
Rail depan di haluan Wrangler berbasis Collapsible Hydroformed. Peranti ini bahkan melindungi sejak kecepatan rendah 12 km/jam. Terakhir, lampu utama (head lamp) dan foglamp berbasis bohlam halogen. Rangkaian pencahayaan tersebut secara umum dapat meningkatkan visibilitas di malam hari atau selama cuaca buruk.
Line up Jeep Wrangler berbagai varian dibanderoli harga mulai Rp 670 juta hingga Rp. 865 juta, dan tersedia dalam pilihan warna hitam, putih, merah, oranye dan silver. Siap merefleksikan slogan 'Go Anywhere and Do Anything' bersama Jeep?
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...