Mobil Malaysia dan China yang Laris di Indonesia

Posted by A'eddo Suseno Rabu, 18 April 2012 0 komentar
Mobil Malaysia dan China yang Laris di Indonesia - Produsen mobil Malaysia dan China belum bisa berbuat banyak di pasar tanah air pada triwulan pertama 2012. Produk-produk keduanya belum bisa meredam laju produsen asal Jepang yang lebih dulu hadir di Indonesia.


Namun di sisi lain, produsen mobil asal Malaysia, Proton boleh sedikit bangga. Sebab, pabrikan asal negeri Jiran ini lebih unggulan dari segi penjualan ketimbang produsen China, Geely.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), pada tiga bulan pertama di tahun 2012, Proton membukukan penjualan sebanyak 943 unit. Sedangkan penjualan tertinggi terjadi pada bulan Maret lalu, yakni 572 unit.

Adapun penyumbang terbesar penjualan Proton masih dihasilkan dari Proton Saga. Mobil jenis sedan ini berhasil terserap pasar sebanyak 463 unit. Penjualan Saga terbanyak pada bulan Maret lalu yaitu 428 unit.

Di tempat kedua diisi oleh Proton Exora. Multi Propose Vehicle (MPV) ini terlego 377 unit. Exora paling banyak terjual pada bulan Januari lalu, dengan torehan penjualan 141 unit. Kemudian untuk penyumbang terbesar lainnya adalah Gen2 (90 unit) dan Savy (12 unit).

Sedangkan produsen China, Geely hanya bisa melepas 371 unit sepanjang Januari-Maret 2012. Penjualan Geely terbanyak pada Januari lalu yakni 243 unit. Geely LC (Panda) menjadi tulang punggung produsen asal Tirai Bambu ini, dengan penjualan 225 unit. Disusul Geely MK dengan 146 unit.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...